• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembiasaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (Bta) Melalui Metode Allimna di Kelas A6 Taman Kanak-Kanak Muslimat Nahdlatul Ulama Sunan Giri Balung

    Thumbnail
    View/Open
    doc (2).pdf (2.403Mb)
    Date
    2023-06-15
    Author
    SAFITRI, Riska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pendidikan dasar Al-Quran merupakan hal yang amat penting pada konsep mengajarkan prinsip moral dan spiritual kepada anak. Ide mengenalkan belajar mengaji pada usia dini tentu sangat baik dan bermanfaat bagi pendidikannya. Ilmu Al-Quran yang diterapkan di TKMNU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember ini penerapan pembiasaanya menggunakan metode yang sudah ditentukan oleh lembaga. Pada program Baca Tulis Al-Quran (BTA) di lembaga TKMNU Sunan Giri Balung merupakan suatu kegiatan pembiasaan keagamaan yang menjadi pengembangan, pembelajaran, pengenalan, pengetahuan, pembentukan keterampilan pada anak. Penerapan pembiasaan membaca Al-Quran di TKMNU Sunan Giri Balung dalam proses penerapannya menggunakan metode baru yaitu Allimna. Metode Allimna merupakan suatu metode membaca Al-Quran dengan menerapkan lagu atau nada bervariasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan uji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembiasaan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTA) melalui metode allimna di kelas A6 TKMNU Sunan Giri Balung membuat anak lebih mudah memahami dan mengenal dasar Al-Quran seperti pengenalan huruf hijaiyah, pelafalan, cara pengucapan, penulisan, makhroj huruf dan dasar pembelajaran Al-Quran dengan diiringi nada yang sudah menjadi ciri khas dari metode allimna.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121964
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15734]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository