Gambaran Literasi Gizi pada Remaja Putri di SMP Negeri 3 Jember
Abstract
Sejauh mana individu khususnya remaja dalam mendapatkan informasi terkait gizi, memproses informasi tersebut dan memahami informasi yang didapat sehingga mampu membuat keputusan yang tepat terkait gizi sangat erat kaitannya dengan suatu konsep gizi yang dikenal dengan melek gizi atau literasi gizi yang merupakan faktor penting yang mempengaruhi kebiasaan makan sehat individu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi gizi pada remaja putri di SMP Negeri 3 Jember. Rancangan penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 200 remaja putri dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner Adolescent Nutrition Literacy Scale (ANLS). Hasil Penelitian menunjukkan literasi gizi pada remaja putri sebagian besar pada tingkat literasi gizi sedang sebanyak 169 (84,5%). Indikator literasi gizi fungsional pada tingkat sedang sebanyak 157 (78,5%), literasi gizi interaktif sebagian pada tingkat sedang sebanyak 162 (81%), dan literasi gizi kritis juga dalam tingkat sedang sebanyak 153 (76,5%). Mayoritas responden berusia 14 tahun dan memiliki IMT normal. Pendidikan terakhir orang tua mayoritas adalah sarjana. Responden sebagian besar mengakses informasi gizi dalam sebulan terakhir melalui media tidak langsung. Mayoritas responden juga sudah mendapat penyuluhan gizi dan hambatan utama dalam mencari informasi gizi yaitu kesulitan dalam mempercayai kredibilitas informasi gizi.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1531]