City Branding Kabupaten Jember Berdasarkan Persepsi Stakeholder dalam Upaya Memperkuat Identitas Kota
Abstract
Kota-kota di Indonesia saat ini berusaha membangun identitas diri melalui city branding untuk memperkuat citra kota dan memberikan keuntungan pada wilayahnya. City branding tidak hanya berkutat pada logo atau slogan, tetapi juga harus mencerminkan semangat kota itu sendiri. Oleh karena itu, branding kota harus benar-benar mewakili identitas kota untuk mengingatkan masyarakat dan pengunjung terhadap ciri khas kota tersebut. Persepsi stakeholder sangat penting dalam menentukan city branding yang representatif dan efektif. Kabupaten Jember memiliki banyak potensi dan julukan yang dapat membangun dan memperbaiki citra kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi stakeholder tentang city branding Kabupaten Jember serta memahami bagaimana persepsi tersebut dapat digunakan untuk memperkuat identitas kota melalui rancangan fisik elemen kota. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan potensi penunjang city branding Kabupaten jember, analisis delphi untuk mendapatkan identitas kota Kabupaten Jember, analisis triangulasi untuk mendapatkan strategi memperkuat identitas kota, dan perancangan arsitektur analogi untuk membuat rancangan fisik elemen kota yang dapat memperkuat identitas kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dapat memperkuat identitas kota Kabupaten Jember adalah kota tembakau dan kota karnaval. Penelitian ini juga mengidentifikasi implementasi strategi city branding yang dapat memperkuat identitas kota Kabupaten Jember serta memberikan rekomendasi konsep rancangan untuk memperkuat identitas kota Kabupaten Jember yaitu dengan daun tembakau, sayap, dan topeng.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]