Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Teks Narasi Sejarah Kelas V SDN Badean 1 Bondowoso
Abstract
Media pembelajaran adalah bagian dari sumber belajar yang menjadi penunjang guru dalam penyampaian materi kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian siswa, sehingga memudahkan guru dalam mengoptimalkan perkembangan siswa dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dapat menyebabkan wawasan dan pengetahuan yang diterima oleh siswa kurang maksimal, terutama terkait materi teks narasi sejarah berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media flashcard berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa materi teks narasi sejarah kelas V SDN Badean 1 Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan yakni Quasi Eksperimental dengan pola Nonequivalent Control Group. Hasil perhitungan uji-t pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 12,113 dengan nilai t-tabel 2,001 (12,113 > 2,001). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media flashcard berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa materi teks narasi sejarah kelas V SDN Badean 1 Bondowoso.