• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 8 Subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogo

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Gilang Rifqi Ardhiansyah.pdf (6.223Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    ARDHIYANSYAH, Gilang Rifqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilatarbelakangi adanya kekurang maskimalan pada proses pembelajaran di SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, sehingga hasil belajar yang diperolah belum maksimal. Adapun faktor penyebabnya adalah masih digunakannya metode pembelajaran konvensional atau ceramah dalam kegiatan belajar sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain non equivalent control group dan pola kuasi eskperimen. Metode guided note-taking adalah teknik pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan konsentrasi, mendengar, keaktifan, dan pemahaman peserta didik saat mempelajari materi yang jumlahnya banyak melalui handout yang disediakan guru. Subjek yang digunakan adalah kelas VA dan VB SDN 1 Mangkujayan dengan jumlah keseluruhan 58 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan dari pengujian t-test diperoleh hasil thitung 6,127, lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 56 adalah 1,671. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (6,127) > ttabel (1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogo.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121903
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository