• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Learning Cycle 5E disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Full_Tia Wulandari.pdf (4.288Mb)
    Date
    2023-07-07
    Author
    WULANDARI, Tia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan scientific reasoning merupakan satu dari aspek pengetahuan penting yang menjadi tuntutan pada pembelajaran abad 21. Kemampuan penalaran ilmiah ini diharapakan mampu diterapkan pada pembelajaran IPA sebagai kontribusi dalam keterampilan kognitif siswa dan dapat dijadikan sebagai bekal siswa untuk menyambut tantangan global. Namun, faktanya kemampuan scientific reasoning siswa masih tergolong rendah. Model learning cycle 5E yaitu model pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan scientific reasoning siswa. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis diagram berpikir mutlidimensi dapat mempermudah siswa untuk memahami konsep suatu pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan kemampuan scientific reasoning siswa menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group desain. Tempat penelitian berada di SMP Negeri 3 Jember pada kelas 8 yang jumlah siswa masing-masing pada kelas kontrol dan eksperimen sebanyak 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan scientific reasoning siswa. Kemampuan scientific reasoning siswa mengalami peningkatan seusai siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi secara aktif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121886
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository