Peran Divisi Customer Experience, Sales and Business Partnership dalam Mempromosikan Ramayana Ballet Prambanan
Abstract
Sendratari Ramayana Prambanan menjadi pilar Attraction PT Taman Wisata Candi atau PT TWC dan dikelola oleh Unit Teater & Pentas. Divisi Customer Eperience, Sales and Busniness Partnership pada Unit Teater & Pentas bertugas untuk mempromosikan Sendratari Ramayana Prambanan kemasyarakat umum. Potensi untuk mempromosikan Sendratari Ramayana Prambanan sangat besar karena didukung oleh potensi Daerah Yogyakarta yang merupakan tujuan wisata. Sendratari Ramayana Prambanan memiliki potensi besar untuk menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk menjelaskan dan mengetahui peran Divisi Customer Experience, Sales & Business Unit Teater &Pentas dalam mempromosikan Sendratari Prambanan Ramayana. Jenis pengumpulan data untuk tugas akhir ini adalah data kualitatif yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh selama magang di Sendratari Ramayana Prambanan selama 5 bulan. Hasil yang diperoleh adalah Divisi Customer Experience, Sales and Busniness Partnership Unit Teater & Pentas dalam mempromosikan Sendratari Ramayana Prambanan dengan 2 jenis promosi, yaitu promosi langsung dan promosi tidak langsung. Data pengunjung tahun 2022 dan 2023 tidak dapat dijadikan tolak ukur utama keberhasilan suatu promosi karena memang demikian juga dipengaruhi oleh waktu atau season kedatangan pengunjung.