Nilai-nilai Sosial pada Kumpulan Lagu Berjudul Gudang Lagu Anak Terpopuler yang disusun Yeyen Subiakto dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Puisi di SMP Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang nilai-nilai sosial pada kumpulan lagu berjudul “Gudang Lagu Anak Terpopuler” yang disusun Yeyen Subiakto, serta menjelaskan pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi pembelajaran teks puisi di SMP kelas VIII. Jenis dan rancangan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Data dalam penelitian ini yaitu segmen bahasa yang teridentifikasi mengandung nilai-nilai sosial pada buku “Gudang Lagu Anak Terpopuler” yang disusun Yeyen Subiakto, serta kompetensi dasar tentang teks puisi yang terdapat pada RPP Bahasa Indonesia kelas VIII SMP kurikulum 2013. Sumber data dalam penelitian ini adalah lagu yang dipilih dengan kriteria lagu-lagu yang teridentifikasi mengandung nilai-nilai sosial pada kumpulan lagu berjudul “Gudang Lagu Anak Terpopuler” dan RPP kelas VIII Bahasa Indonesia di SMP kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, nilai-nilai sosial pada kumpulan lagu berjudul “Gudang Lagu Anak Terpopuler” yang disusun Yeyen Subiakto meliputi, nilai kasih sayang, nilai religius, nilai percaya diri, nilai disiplin, nilai ekspresi rasa ingin tahu, nilai perjuangan, nilai berpikir kritis, nilai nasionalisme, dan nilai kerja sama. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran teks puisi di kelas VIII SMP sesuai dengan KD 3.7 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.