Show simple item record

dc.contributor.authorJANNAH, Aulina Roudlotul
dc.date.accessioned2024-06-21T01:53:17Z
dc.date.available2024-06-21T01:53:17Z
dc.date.issued2023-09-22
dc.identifier.nim190210204137en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121737
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 21 Juni 2024en_US
dc.description.abstractLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah bahan ajar yang berisi kegiatan-kegiatan bagi peserta didik untuk membantu mereka memahami materi dan mempraktikkan materi melalui tugas latihan. Teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang dengan pesat. LKPD pun sudah dapat dibuat dalam bentuk elektronik, salah satunya menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III dan observasi di SD Al-Baitul Amien 1 Jember diperoleh data bahwa guru hanya menggunakan LKPD berbentuk lembaran serta hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran panjang, berat, dan waktu masih rendah. Guru kelas III juga belum pernah mengembangkan LKPD berbasis Articulate Storyline, sehingga dikembangkanlah penelitian pengembangan berbasis Articulate Storyline untuk mengefektifkan pembelajaran pengukuran panjang, berat, dan waktu. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah proses pengembangan LKPD berbasis Articulate Storyline untuk mengefektifkan pembelajaran materi pengukuran panjang, berat, dan waktu pada peserta didik kelas III di SD Al-Baitul Amien 1 Jember yang valid, efektif, dan praktis?; serta (2) bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD berbasis Articulate Storyline untuk mengefektifkan pembelajaran materi pengukuran panjang, berat, dan waktu pada peserta didik kelas III di SD Al-Baitul Amien 1 Jember? Desain penelitian yang digunakan adalah R&D (Research dan Development) model Borg and Gall. Terdapat 10 langkah pada model Borg and Gall tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan langkah ke-8 karena pada langkah ini telah diketahui kealidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD berbasis Articulate Storyline. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III A dan III C SD AlBaitul Amien 1 Jember dengan jumlah 46 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes hasil belajar. Kevalidan produk dihitung dari hasil validasi para validator, keefektifan produk dihitung menggunakan t-test dan uji keefektifan relatif; serta kepraktisan produk dihitung menggunakan data angket respon peserta didik. Pengembangan LKPD berbasis Articulate Storyline diawali dengan pengkajian studi literatur serta melakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi yang akurat. Setelah itu dilakukan pengembangan desain produk LKPD awal dan dilakukan validasi desain produk kepada ahli media, ahli materi, dan praktisi. Saran dan komentar para validator dijadikan dasar dalam merevisi produk awal. Selanjutnya dilakukan uji coba penggunaan pada kelas III di SDN Antirogo 04 Jember. Hasil angket peserta didik dijadikan dasar revisi pada produk pengembangan apabila terdapat aspek yang bernilai di bawah 80. Uji coba keefektifan produk dilakukan pada kelas III SD Al-Baitul Amien 1 Jember. Dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu lalu ditentukan kelas kontrol dan eksperimen dengan teknik sampel acak sederhana melalui undian. Kedua kelas yang terpilih diberikan pretest sebelum pembelajaran. Kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Power Point, sedangkan kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Articulate Storyline. Kedua kelas diberikan posttest saat pembelajaran telah selesai. Pada kelas eksperimen diberikan angket respon untuk mengukur kepraktisan LKPD berbasis Articulate Storyline. Hasil pengembangan LKPD berbasis Articulate Storyline telah valid, efektif, dan praktis. Kevalidan produk adalah 93,33 dengan kategori sangat layak. Keefektifan produk berdasarkan penghitungan t-test adalah terdapat perbedaan yang signifikan karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,073>1,680). Keefektifan relatif yang dipengaruhi oleh LKPD berbasis Articulate Storyline adalah sebesar 57,06% sedangkan 42,94% sisanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal peserta didik. Kepraktisan produk memperoleh skor 91,22 dengan kategori sangat praktis.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd. Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLEMBAR KERJA PESERTA DIDIKen_US
dc.subjectARTICULATE STORYLINEen_US
dc.subjectMATERI PENGUKURAN PANJANG BERATen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Articulate Storyline untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Panjang, Berat, dan Waktu pada Peserta Didik Kelas III di SD Al-Baitul Amien 1 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 9 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record