Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Volume Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V di SDN Kalisat 01 Jember
Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh siswa saat ini untuk menemukan kebenaran dari
informasi diterima. Berbagai upaya telah dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan dan
mengembangkan keterampilan berpikir kritis, salah satunya dengan berbagai model pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada volume balok dan kubus dalam matematika
pembelajaran bagi siswa kelas V di SDN Kalisat 01 Jember. Metode penelitian ini
menggunakan quasy eksperimen dengan pola Non Equivalent Control Group. Mata pelajaran
penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB dengan jumlah masing-masing 28 siswa. Data
pengumpulan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Independent
Uji T-test sampel yaitu 4,170>1,673 menyebabkan Ho ditolak dan Ha menjadi
diterima. Berdasarkan hasil tersebut juga disimpulkan bahwa . Selain itu,
perhitungan uji efektivitas relatif menunjukkan 59% bahwa Proyek Berbasis
Model pembelajaran dianggap lebih efektif jika digunakan untuk mengasah daya kritis siswa
kemampuan berpikir.