Show simple item record

dc.contributor.authorFAJRI, Wanodya Wahyuning
dc.date.accessioned2024-06-20T03:38:44Z
dc.date.available2024-06-20T03:38:44Z
dc.date.issued2024-01-09
dc.identifier.nim172410101018en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121687
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan konsumen sayuran hidroponik di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan atribut RFM yang berisi Recency, Frekuensi dan Moneter. Penelitian ini membutuhkan riwayat transaksi setiap pelanggan yang akan ditransformasikan ke dalam setiap atribut RFM. Metode clustering yang digunakan adalah K-Means Clustering. K-means clustering mempunyai kemampuan menangani dataset yang besar dan efektif dalam mengidentifikasi pola dalam suatu dataset. Untuk menentukan berapa cluster yang akan dibentuk digunakan metode Elbow. Penelitian ini juga menggunakan metode Global Silhouette untuk memastikan bahwa cluster yang digunakan dalam proses clustering memiliki nilai akurasi yang tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah cluster (k) optimal = 3 karena mempunyai nilai akurasi sebesar 0.5420915830696501 yang berarti semakin skor mendekati 1 maka semakin baik cluster yang terbentuk.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectRFMen_US
dc.subjectClusteringen_US
dc.subjectK-Meansen_US
dc.subjectElbowen_US
dc.subjectSilhouetteen_US
dc.titleSegmentasi Pasar Konsumen Sayur Hidroponik Menggunakan Clustering K-Means dan Model RFM (Studi Kasus : (Provinsi Jawa Timur)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Nelly Oktavia Adiwijaya S.Si.,MT.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Dwiretno Istiyadi Swasono ST.,M.Kom.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 20en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record