Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Spaghetti Bowl di Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh inovasi produk, harga, 
dan celebrity endorsement terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan 
pelanggan di restoran "Spaghetti Bowl" Banyuwangi. Penelitian menggunakan 
pendekatan explanatory research. Samel dalam penelitian ini melibatkan 110 
responden yang merupakan pelanggan restoran "Spaghetti Bowl" Banyuwangi. 
Penelitian menggunakan data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian adalah 
data primer. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang 
dibagikan melalui google form. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis 
jalur (Path Analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa inovasi produk, 
harga, dan celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan 
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan inovasi produk 
dan harga berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 
Namun, celebrity endorsement tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap 
loyalitas pelanggan secara langsung. Hasil penelitian juga menunjukkan inovasi 
produk, harga, dan celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Kepuasan pelanggan 
terbukti memainkan peran kunci dalam menghubungkan inovasi produk, harga, 
dan celebrity endorsement dengan loyalitas pelanggan.