• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Revised Ones Assignment untuk Optimasi Penjadwalan Jam Mengajar di Sekolah Berbantuan GNU Octave (Studi Kasus SMPN 1 Gondang)

    Thumbnail
    View/Open
    SELA_ANISSA_M_190210101065.pdf (910.6Kb)
    Date
    2024-01-09
    Author
    MUKARROMAH, Sela Anissa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penjadwalan merupakan salah satu faktor terpenting dari strategi manajemen yang paling rentan terhadap kesalahan atau masalah. Permasalahan dalam penjadwalan jam mengajar yang terjadi antara lain guru ditugaskan untuk mengajar di dua kelas yang berbeda dalam waktu bersamaan, penyusunan jadwal pelajaran tidak mempertimbangkan letak jam istirahat sehingga banyak mata pelajaran yang terjeda jam istirahat, atau pembuatan jadwal tidak memperhatikan alokasi beban mengajar guru. Revised Ones Assignment adalah salah satu metode untuk meyelesaikan masalah penugasan dengan mereduksi matriks penugasan hingga diperoleh setidaknya terdapat satu angka satu di setiap baris dan kolom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimasi penjadwalan jam mengajar dengan menggunakan metode Revised Ones Assignment. Pengambilan data dilakukan di SMPN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto yang terdiri dari 24 kelas. Jadwal sekolah terdapat 102 mata pelajaran yang terjeda istirahat dan terdapat alokasi jam mengajar guru lebih dari 6 jam pelajaran. Penerapan metode ini menghasilkan 39 mata pelajaran terjeda istirahat dan alokasi jam mengajar guru tidak lebih dari 6 jam pelajaran dalam sehari. Tingkat efektivitas jadwal hasil penerapan metode Revised Ones Assignment sebesar 78,94% termasuk dalam kategori efektif dan jadwal hasil penerapan metode Revised Ones Assignment secara keseluruhan memerlukan 164 iterasi untuk mendapatkan jadwal yang optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121640
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository