Pengembangan Media Pembelajaran ClassFlow Berbasis Problem Based Learning dan Efektivitasnya Terhadap Historical Thinking Skill Peserta Didik
Abstract
Konsep pembelajaran kurikulum memadukan kemajuan teknologi yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan setiap individu pada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah tervalidasi oleh para ahli dan untuk mengetahui efektivitasnya terhadap historical thinking skill peserta didik. Media yang dikembangkan adalah ClassFlow. Dalam pengembangan media ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode problem based learning (PBL). Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE oleh Smaldino yang memiliki enam tahapan dalam prosedurnya. Pengembangan dilakukan berdasarkan data hasil analisis hasil belajar siswa. Data hasil validasi ahli dan pengembangan media pembelajaran ClassFlow yaitu hasil validasi ahli desain media sebesar 83% dengan kategori baik, hasil validasi ahli materi sebesar 87% dengan kategori sangat baik, dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 87% dengan kategori sangat baik. 94 dalam kategori sangat baik. Uji pengguna pendidik memperoleh skor 92% dengan kategori sangat baik. Pengujian efektivitas media ClassFlow terhadap keterampilan berpikir sejarah siswa yang dilakukan pada kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 0,99 dengan kriteria large effect, dan uji coba pada kelompok besar memperoleh hasil sebesar 0,95 dengan kriteria large effect. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian adalah pengembangan media pembelajaran ClassFlow berbasis problem based learning dapat dikatakan layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir sejarah siswa.