Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTIN, Tasya Arista Kurnia
dc.date.accessioned2024-06-19T07:58:38Z
dc.date.available2024-06-19T07:58:38Z
dc.date.issued2024-01-24
dc.identifier.nim200210103005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121618
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Maret_2024_7en_US
dc.description.abstractDunia pendidikan pada abad 21 menuntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, inovatif, dan kreatif. Segala peningkatan telah dilakukan pada aspek kualitas sumber daya manusia yang dikembangkan melalui jalur pendidikan. Salah satu contohnya pengembangan kualitas siswa yang terus ditingkatkan yakni pada pembelajaran biologi. Permasalahan pembelajaran biologi di tingkat SMA yang dirasa sulit oleh siswa salah satunya pada materi sistem pencernaan. Pada materi tersebut masih banyak miskonsepsi dan banyak bahasa ilmiah yang asing bagi siswa. Kemudian, model yang masih digunakan dalam kelas cenderung guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi yang masih belum maksimal dalam penerapannya. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang mempengaruhi kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat membantu siswa agar mampu memahami konsep dengan baik dan didukung dengan media pembelajaran yang mampu menunjang suasana belajar yang menyenangkan dan rileks sehingga dapat mendorong siswa untuk berani mengungkapkan suatu argumen dari yang sudah dipelajari dan juga dapat mempengaruhi hasil beajar yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Brain-Based Learning menggunakan nearpod dan video animasi pada materi sistem pencernaan terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Jember. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh sampel yang terdiri atas 34 siswa XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Brain-Based Learning dengan nearpod dan video animasi serta 33 siswa XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data adalah pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, lembar observasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa, serta soal essay yang digunakan untuk mengukur kemampuan berargumentasi siswa. Metode analisis data yang digunakan untuk kemampuan berargumentasi dan hasil belajar kognitif yaitu menggunaan uji Anakova, sedangkan untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik menggunakan uji-t dengan keseluruhan data di analisis menggunakan IBM SPSS 27. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa rerata kemampuan berargumentasi pada kelas eksperimen 70,74% dan pada kelas kontrol 67,58%. Kemudian di uji Anakova mendapatkan hasil nilai sig. 0,007 (sig<0,05). Kemudian data hasil belajar kognitif memiliki rerata di kelas eksperimen 72,94 dan di kelas kontrol 71,82, lalu menggunakan uji Anakova menghasilkan nilai sig. 0,015 (sig<0,05) yang artinya model pembelajaran BrainBased Learning dengan nearpod dan video animasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar kognitif siswa. Lalu, didapatkan data hasil belajar afektif dengan rerata kelas eksperimen 85,12 dan di kelas kontrol 80,39, setelah di uji-t menghasilkan nilai sig. 0,024 (sig>0,05). Selanjutnya untuk data hasil belajar psikomotorik memiliki rerata pada kelas eksperimen 81,85 dan pada kelas kontrol yaitu 74,67, kemudian menggunakan uji-t menghasilkan nilai 0,046 (sig<0,05) yang artinya model pembelajaran BrainBased Learning dengan nearpod dan video animasi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model Brain-Based Learning menggunakan nearpod dan video animasi terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si. ; Aditya Kurniawan, S.Si., M.Biomed.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBrain-Based Learningen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Aplikasi Nearpoden_US
dc.subjectVideo Animasi Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Brain-Based Learning Menggunakan Nearpod dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Beargumentasi dan Hasil Belajar Biologi SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aditya Kurniawan, S.Si., M.Biomed.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Maret_2024_7en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record