• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK

    Thumbnail
    View/Open
    doc-halaman.pdf (784.4Kb)
    Date
    2024-01-29
    Author
    ASY’ARI, I’Lman Hadi
    ASY’ARI, I’lman Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sikap ilmiah memiliki korelasi dengan hasil belajar yang dihasilkan siswa setelah melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan sikap ilmiah dan mengkaji pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET pada materi energi dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen menggunakan Post Test Only Control Group Design. Hasil data dari sikap ilmiah diperoleh pada saat observasi, dan hasil belajar diperoleh setelah pemberian posttest pada kelas eksperimen. Sikap ilmiah siswa yang diamati memperoleh rata-rata persentase sebesar 81,2% yang termasuk dalam kategori cukup. Kemudian, post-test yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor eksperimen dan kelas kontrol yaitu 66,6 dan 73,6, dan setelah dilakukan uji t diketahui bahwa nilai signifikansinya < 0,005 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET. Kesimpulan Penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa di SMK.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121610
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15644]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository