Pengembangan Perangkat RBL-STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Forecasting Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Resolving Efficient Dominating Set dan Aplikasinya
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kunci dalam mengembangkan dan memajukan
kehidupan bangsa melalui sumber daya manusianya, karena dengan pendidikan
setiap individu dapat lebih berwawasan dalam menghadapi kehidupan bahkan
bersaing pada perkembangan zaman. Pendidikan di dunia dari waktu ke waktu
mengalami banyak reformasi dengan tujuan menyempurnakan pendidikan
sebelumnya. Reformasi pendidikan yang terbaru saat ini yaitu pendidikan dengan
model pembelajaran research based learning (RBL) menggunakan pendekatan
STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Tujuan utama
pendekatan ini adalah untuk membangun dan mengembangkan berbagai
keterampilan berpikir matematis salah satunya keterampilan forecasting
mahasiswa. Penelitian terdauhulu telah menunjukkan bawah keterampilan
forecasting pada mahasiswa pendidikan matematika saat ini masih tergolong
rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat
pembelajaran RBL-STEM guna meningkatkan keterampilan forecasting
mahasiswa dalam menyelesaikan masalah resolving efficient dominating set
(REDS). Pengembangan perangkat RBL-STEM mencakup Rancangan
Pembelajaran Semester (RPS), Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM), Lembar
Kerja Mahasiswa (LKM), dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan model
pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate).
Aktivitas pembelajaran RBL-STEM meliputi: 1). Pemberian permasalahan
mengenai penempatan sensor NPK dan pH air untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada
pertanian hidroponik; 2) Mengembangkan model graph neural network (GNN)
menggunakan konsep resolving efficient dominating set (REDS); 3) Mengumpulkan
informasi tentang masalah dan data yang relevan; 4) Melaksanakan konsep resolving
efficient dominating set (REDS) untuk menentukan jumlah titik dominator dan
merumuskan teorema pada graf; 5) Menguji dan membuktikan kebenaran teorema
yang telah dirumuskan; 6) Mempresentasikan hasil penyelesaian masalah.
Perangkat pembelajaran ini telah divalidasi dan memenuhi kriteria
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Skor kevalidan perangkat pembelajaran
yaitu 3,67. Observasi pelaksanaan pembelajaran juga menunjukkan kepraktisan
dengan tingkat keberhasilan 96,26%. Hasi tes dan respon positif mahasiswa
menunjukkan efektivitas perangkat. Hasil pretest dan posttest menunjukkan
peningkatan yang keterampilan forecasting mahasiswa. Sebelumnya, tidak terdapat
mahasiswa yang memiliki keterampilan forecasting tinggi, namun setelah
pembelajaran RBL-STEM, mayoritas 89% mahasiswa mencapai tingkat
keterampilan tinggi.
Setelah pengumpulan data, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan
paired samples T test. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
keterampilan forecasting mahasiswa, dengan 𝑝 – 𝑣𝑎𝑙𝑢𝑒 sebesar 0,000 < 0,05.
Hasil dari potret fase dan N-vivo (comparison) menunjukkan mahasiswa M1
memenuhi seluruh sub indikator, mahasiswa M2 memenuhi 10 sub indikator dan
mahasiswa M3 hanya memenuhi 7 sub indikator. Analisis word cloud pada Excel
dalam penelitian ini mengungkapkan berbagai variasi jawaban dalam berbagai
kategori, dengan frekuensi kode soal dan jawaban yang paling sering muncul seperti
Q7A1, Q7A2, dan Q3A2, sementara kode seperti Q10A8, Q6A7, Q8A2, dan
lainnya memiliki frekuensi yang lebih rendah.