Pengembangan Anticipation Guides pada Topik Segi Empat Berdasarkan Teori van Hiele
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen pembelajaran yang disebut Anticipation guides materi segi empat yang valid, praktis, dan efektif untuk kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu research and development (RnD). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D oleh Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMP Nuris Jember kelas VIII G tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan geometri berdasarkan teori van Hiele, lembar wawancara, lembar validasi, draf Anticipation guides, angket respons siswa, dan angket respons guru. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis validasi instrumen, analisis data hasil tes van Hiele, analisis data hasil wawancara, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil anticipation guides dari penelitian ini yaitu level visual, analisis, dan deduksi informal yang telah dinyatakan valid, praktis, dan efisien. Tingkat kevalidan Anticipation guides berada pada angka 3,63 dari skala likert 4. Persentase tingkat kepraktisan Anticipation guides yaitu 92,5%. Persentase tingkat keefektifan Anticipation guides yaitu 81,8%. Anticipation guides ini berisi pernyataan yang dapat mengaktifkan dan mengonsep pemikiran siswa dalam memahami bacaan. Pengembangan Anticipation guides ini dibuat berdasarkan level van Hiele.