• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Anticipation Guides pada Topik Segi Empat Berdasarkan Teori van Hiele

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Watermark Cindi Septia Sari 200210101108doc.pdf (2.875Mb)
    Date
    2024-01-29
    Author
    SARI, Cindi Septia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen pembelajaran yang disebut Anticipation guides materi segi empat yang valid, praktis, dan efektif untuk kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu research and development (RnD). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D oleh Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMP Nuris Jember kelas VIII G tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan geometri berdasarkan teori van Hiele, lembar wawancara, lembar validasi, draf Anticipation guides, angket respons siswa, dan angket respons guru. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis validasi instrumen, analisis data hasil tes van Hiele, analisis data hasil wawancara, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil anticipation guides dari penelitian ini yaitu level visual, analisis, dan deduksi informal yang telah dinyatakan valid, praktis, dan efisien. Tingkat kevalidan Anticipation guides berada pada angka 3,63 dari skala likert 4. Persentase tingkat kepraktisan Anticipation guides yaitu 92,5%. Persentase tingkat keefektifan Anticipation guides yaitu 81,8%. Anticipation guides ini berisi pernyataan yang dapat mengaktifkan dan mengonsep pemikiran siswa dalam memahami bacaan. Pengembangan Anticipation guides ini dibuat berdasarkan level van Hiele.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121603
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository