• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Lapbook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 pada Peserta Didik Kelas V SDN Dukuhdempok 01 Wuluhan Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Utama (1.659Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    NADA, Nafi’a Qotruri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pada kurikulum 2013 tidak hanya mengukur kemampuan peserta didik dari hasilnya saja, tetapi juga proses dalam mendapatkan hasil tersebut. Proses pembelajaran kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik agar lebih aktif, kritis, kolaboratif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan arah pengembangan pembelajaran kurikulum 2013 adalah model guided inquiry. Model guided inquiry bertujuan untuk mengembangkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan memecahkan suatu hipotesis. Tahapan pembelajaran model guided inquiry mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi bersama kelompoknya secara analitis, sistematis, kritis, dan kolaboratif sehingga dapat mengasah dan mengembangkan sikap, keterampilan, dan kepercayaan diri peserta didik dalam memutuskan atau menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 Pada Siswa Kelas V SDN Dukuhdempok 01?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inkuiry Berbantuan Media Lapbook terhadap Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Subtema 1 pada Siswa Kelas V SDN Dukuhdempok 01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 01. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sejumlah 22 dan VB sejumlah 20, sehingga total sampel adalah 42 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pola non-equivalent control group. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest sejumlah 27 soal. Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan sebelum menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang digunakan uji homogenitas dan uji normalitas berupa data nilai UAS Semester Ganjil kelas VA dan VB. Uji homogenitas menggunakan metode fisher untuk mengetahui apakah kedua kelas memiliki kemampuan yang sama atau tidak. Hasil uji homogenitas menunjukkan fhitung < ftabel yang berarti kemampuan kedua kelas homogen. Uji normalitas menggunakan metode liliefors karena penelitian ini merupakan penelitian parametrik dan sampel data kurang dari 30. Hasil uji normalitas menunjukkan lhitung < ltabel yang berarti data berdistribusi normal. Hasil pengujian tersebut menunjukkan kedua kelas layak digunakan sebagai objek penelitian, selanjutnya dilakukan pengundian secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran guided inquiry berbantuan media lapbook, sedangkan kelas kontrol diberikan treatment model pembelajaran discovery learning. Analisis data yang digunakan untuk menguji hasil penelitian ini adalah uji t. Data yang digunakan berupa nilai pretest-postest, kemudian nilai tersebut dianalisis menggunakan rumus uji t dengan bantuan program Ms. Excel 2010. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung 4,333 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan db 40 sebesar 2,021. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahu thitung > ttabel (4,333 > 2,021) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Melihat hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model guided inquiry berbantuan media lapbook terhadap hasil belajar kognitif tema 7 subtema 1 peserta didik kelas V SDN Dukuhdempok 01 Wuluhan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dipaparkan, maka saran dalam penelitian ini yaitu penelitian masih berfokus pada materi IPS dan ranah penilain kognitif peserta didik. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk peneliti lain, agar dikembangkan pada materi serta ranah penilaian lainnya. Selain itu, diperlukan pengembangan media sebagai sumber belajar peserta didik karena dengan media pembelajaran, peserta didik dapat terbantu untuk memahami materi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository