dc.description.abstract | Perangkat pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP)
Bernuansa Kontekstual meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar
kerja siswa (LKS), buku siswa, dan tes hasil belajar. Proses pengembangan yang
dilakukan meliputi 4 (empat) tahap pengembangan model perancangan pendidikan
dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap
pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan perangkat pembelajaran
dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek
kepraktisan, dan aspek keefektifan. Dari hasil uji kevalidan, perangkat pembelajaran
dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual mencapai kriteria kevalidan
dengan koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,91;
koefisien validitas buku siswa sebesar 0,92; koefisien validitas lembar kerja siswa
sebesar 0,93; koefisien validitas tes hasil belajar sebesar 0,86. Kategori validitas
keempat perangkat adalah sangat tinggi. Dari hasil uji kepraktisan, diperoleh bahwa
persentase aktivitas guru pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturutturut
adalah 93,75% dan 97,91%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama
dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 87,87% dan 91,92%. Dari analisis tes hasil
belajar diperoleh bahwa 97% siswa mencapai skor lebih dari 70. Dan dari analisis
angket respon siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 90% siswa
memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket
respon siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran
MMP bernuansa kontekstual. Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada
kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah
terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran MMP bernuansa
kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa sekolah menengah
pertama (SMP) kelas VIII yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP
untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran
MMP bernuansa kontekstual. | en_US |