• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERNUANSA KONTEKSTUAL PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK SMP KELAS VIII SEMESTER GENAP

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Afisa_1.pdf (218.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Nurul Afisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perangkat pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Bernuansa Kontekstual meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku siswa, dan tes hasil belajar. Proses pengembangan yang dilakukan meliputi 4 (empat) tahap pengembangan model perancangan pendidikan dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Dari hasil uji kevalidan, perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual mencapai kriteria kevalidan dengan koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,91; koefisien validitas buku siswa sebesar 0,92; koefisien validitas lembar kerja siswa sebesar 0,93; koefisien validitas tes hasil belajar sebesar 0,86. Kategori validitas keempat perangkat adalah sangat tinggi. Dari hasil uji kepraktisan, diperoleh bahwa persentase aktivitas guru pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturutturut adalah 93,75% dan 97,91%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 87,87% dan 91,92%. Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 97% siswa mencapai skor lebih dari 70. Dan dari analisis angket respon siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 90% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual. Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual pada sub pokok bahasan kubus dan balok untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran MMP bernuansa kontekstual.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12157
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository