Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Bangunan Masjid di Jember Pada Materi Transformasi Kelas IX
Abstract
Bahan ajar berupa LKPD dan buku paket yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum membantu siswa dalam memahami materi transformasi karena materi yang terdapat dalam LKPD dan buku paket belum berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis etnomatematika yang akan mengaitkan materi transformasi kelas 9 dengan bangunan masjid di Jember karena masjid berkaitan erat dengan kehidupan siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 9 SMPN 1 Wuluhan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan berdasarkan hasil pengisian angket validasi oleh tiga validator, analisis kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa, dan analisis keefektifan berdasarkan skor tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kevalidan diperoleh total skor rata-rata kevalidan sebesar 3,7. Hasil analisis kepraktisan menghasilkan total skor rata-rata sebesar 3,39 dengan persentase 84,87%. Hasil analisis keefektifan menunjukan 80% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ketiga analisis tersebut, modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar sehingga dapat membantu siswa kelas IX memahami materi transformasi.