Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Situs Selogending Lumajang Materi Dimensi Tiga Kelas XII SMA
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh
siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika. Dengan menerapkan etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam belajar matematika menjadi lebih maksimal. Keterkaitan
antara Matematika dengan kehidupan sehari hari digunakan oleh pendidik untuk
menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah
menemukan adanya matematika pada kehidupan nyata. Penelitian ini betujuan
untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada
Situs Selogending Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
research and development (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menujukkan
lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid
dengan skor 𝑉𝛼 = 3,78, praktis dengan persentase 86,67% termasuk dalam
ketegori baik, dan efektif dengan > 75% memenuhi kriteria tuntas dari jumlah
keseluruhan siswa sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas secara klasikal.