• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Media Articulate Storyline 3 terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Fisika Materi Energi dan Perubahannya pada Siswa SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Rike Dwi Wulandari_200210102054.pdf (6.999Mb)
    Date
    2024-03-01
    Author
    WULANDARI, Rike Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan salah satu pembelajaran dalam ilmu sains yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan analisis peserta didik terhadap fenomena yang ada di alam sekitar. Namun pada kenyataannya, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran dan sering memposisikan peserta didik sebagai obyek yang hanya dapat mendengar dan menerima materi saja sehingga menyebabkan aktivitas peserta didik masih agak pasif. maka guru fisika harus kreatif dalam memilih model pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi informasi dengan pendekatan yang sesuai. Model inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis model pembelajaran yang memberikan peserta didik sebuah pengalaman untuk berpikir secara mandiri berbasis pendekatan saintifik dan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pembelajaran melalui inkuiri terbimbing mampu membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif serta menemukan solusi dari suatu masalah. Penerapan model inkuiri terbimbing dapat dikombinasikan dengan teknologi salah satunya yaitu media Articulate Storyline 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan mengkaji pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Jember pada semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah True Experimental dengan desain postest only control group. Sampel ditentukan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu, kemudian kelas dipilih menggunakan teknik undian dan diperoleh hasil yaitu kelas X PBL sebagai kelas eksperimen dan kelas X DKV sebagai kelas kontrol. Data hasil keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari tes berupa postest kedua kelas. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan data postest. Nilai persentase rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,16% dan pada kelas kontrol sebesar 64,88%. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0, 024 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan data postest. Nilai persentase rata-rata postest hasil belajar fisika pada kelas eksperimen sebesar 81% dan pada kelas kontrol sebesar 67,22%. Hasil analisis data hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney U-test dan diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0, 000 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa. Ranah kognitif yang dilatihkan saat pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan ada pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121421
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository