• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD Berbasis Socio Scientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Repository_Esti Tri Wahyuni_200210104008.pdf (1.122Mb)
    Date
    2024-03-19
    Author
    WAHYUNI, Esti Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA saat ini harus mencerminkan pembelajaran abad 21 dimana salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah komunikasi. Bentuk komunikasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP adalah argumentasi ilmiah yang memuat empat indikator yaitu claim, data, reasoning, dan rebuttal. Kemampuan argumentasi ilmiah dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang sedang dipelajari. Namun faktanya, kemampuan argumentasi ilmiah siswa dinilai masih rendah yang dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan mengasah kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah, salah satunya yaitu E-LKPD berbasis socio-scientific issue yang mendorong siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang didasarkan pada isu-isu sosial kontroversial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analize, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada analisis validitas menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 3 validator untuk mengetahui kevalidan produk. Analisis kepraktisan menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh 3 observer. Analisis keefektifan dilakukan dengan tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang diukur menggunakan N-gain, serta menggunakan anget respon siswa setelah selesai melaksanakan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis socio scientific issue. Hasil dari analisis validitas E-LKPD berbasis socio scientific issue dengan menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan bahwa persentase validitas E-LKPD sebesar 86,43% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari analisis kepraktisan E-LKPD berbasis socio scientific issue dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3 observer memperoleh nilai rata-rata 85,17% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas E-LKPD berbasis socio scientific issue dilihat dari rata-rata pretest dan posttest menggunakan indikator kemampuan argumentasi ilmiah menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa terhadap E-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 82,22% masuk ke dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu produk E-LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP pada pembelajaran IPA menunjukkan hasil validitas dengan kategori sangat valid, sangat praktis serta efektif. Oleh karena itu, produk E-LKPD berbasis socio scientific issue dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121395
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository