• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis LKPD Pendekatan STEM-SDGs Untuk Mengajarkan Keterampilan Scientific Communication Siswa SMA pada Materi Pemanasan Global

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.410Mb)
    Date
    2024-03-15
    Author
    AMINUDDIN, Helmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan scientific communication merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses pendidikan tidak hanya berfokus pada hasil belajar tetapi juga diarahkan untuk dapat meningkatkan kompetensi peserta didik yang sesuai dengan keterampilan abad 21. Keterampilan scientific communication pada pembelajaran fisika sangat penting diajarkan bagi peserta didik sebagai keterampilan dasar untuk dapat mengkomunikasikan teori maupun konsep dan hasil praktikum maupun percobaan yang telah dipelajari. Pembelajaran fisika dengan menyisipkan tentang permasalahan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dapat melatih kemampuan komunikasi siswa. Namun, kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi ilmiah jarang mendapat perhatian. Proses pembelajaran fisika masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga hal tersebut dapat menghambat kemampuan scientific communication siswa. Salah satu strategi untuk dapat melatih keterampilan scientific communication siswa dengan menggunakan LKPD pendekatan STEM terintegrasi SDGs untuk ikut serta mewujudkan aksi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui LKPD yang digunakan peserta didik dalam menunjang keterampilan scientific communication dan kesesuaian LKPD pendekatan STEM-SDGs untuk melatihkan keterampilan scientific communication siswa pada materi pemanasan global. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis desain survey longitudinal. Desain survey longitudinal bertujuan untuk mengamati perubahan pola atau karakteristik subjek penelitian sehingga mendapatkan wawasan yang mendalam tentang perubahan subjek yang terjadi dari suatu rentang waktu ke waktu. Dalam hal ini, subjek penelitian yang digunakan adalah LKPD yang digunakan di sekolah dan diluar sekolah serta kesesuaian LKPD pendekatan STEM-SDGs terhadap indikator keterampilan scientific communication dan mendukung salah satu program SDGs ke-14 yaitu ekosistem lautan. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar LKPD yang dianalisis terhadap indikator keterampilan scientific communication pada materi pemanasan global termasuk kategori rendah. Hasil observasi LKPD yang dilakukan disesuaikan dengan indikator keterampilan scientific communication untuk mendukung program SDGs. Indikator keterampilan scientific communication lebih banyak ditemukan pada LKPD yang digunakan diluar sekolah daripada LKPD yang digunakan di sekolah sehingga LKPD yang digunakan diluar sekolah lebih sesuai untuk mengajarkan keterampilan scientific communication siswa. Kemudian penilaian ahli terhadap kesesuaian LKPD yang dibuat dengan pendekatan STEMSDGs untuk melatih keterampilan scientific communication pada materi pemanasan global memperoleh nilai 91,4% dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil penilaian ahli, maka LKPD pendekatan STEM-SDGs yang dibuat dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan scientific communication pada materi pemanasan global. Fenomena pemanasan global telah mengakibatkan dampak perubahan iklim yang ekstrem. Kemampuan scientific communication yang baik perlu diajarkan pada peserta didik untuk memudahkan dalam memberikan solusi suatu permasalahan lingkungan sehingga turut serta dalam membantu mewujudkan aksi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121386
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository