• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Collaboration Skill dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SDN Ambulu 01

    Thumbnail
    View/Open
    LATHIFA ALY 200210204005 [SKRIPSI].pdf (6.384Mb)
    Date
    2024-03-26
    Author
    Aly, Lathifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil belajar pada pembelajaran IPA bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya secara klasikal masih di bawah rata-rata yaitu 39 dengan kriteria kurang baik. Sedangkan untuk keterampilan abad 21 khususnya collaboration skill belum berjalan dengan baik, hal ini diperkuat dengan data collaboration skill secara klasikal sebesar 45% dengan kriteria sedang. Model pembelajaran yang biasa digunakan seperti, PBL, PjBL dan diskusi kelompok kecil dengan metode ceramah. Proses pembelajaran yang berlangsung belum memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, akibatnya peserta didik kurang aktif, cenderung suka bercanda, membuat ulah saat berkelompok, dan peserta didik kesulitan memahami materi karena bosan disebabkan tidak adanya variasi dalam pembelajaran. Jika pembelajaran seperti ini terus dilakukan maka collaboration skill dan hasil belajar peserta didik akan menurun. Bersumber pada permasalahan tersebut, untuk meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar sekaligus memenuhi kebutuhan peserta didik maka hendak diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ambulu 01 tahun akademik 2023/2024 semester genap dengan subjek kelas IV C sebanyak 23 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan disetiap siklusnya. Metode pengumpulan data collaboration skill diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes setelah dilaksanakan siklus. Adapun teknik analisis data yang diguanakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan collaboration skill dan hasil belajar yang signifikan setelah dilaksanakannya siklus I dan siklus II. Collaboration skill siklus I secara klasikal sebesar 56% dengan kriteria sedang, kemudian pada siklus II meningkat 17% menjadi 73% dengan kriteria tinggi. Adapun hasil belajar siklus I secara klasikal memiliki rata-rata sebesar 56 dengan kriteria kurang baik, kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar secara klasikal meningkat menjadi 78 dengan kriteria baik. Bersumber dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya SDN Ambulu 01.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121340
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository