Analisis Self Confidence Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan permasalahan persamaan kuadrat berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan kepribadian extrovert dan 2 siswa dengan kepribadian introvert. Instrumen penelitian ini meliputi angket MBTI, soal tes, observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian extrovert cenderung dapat memenuhi 4 indikator self confidence dan menunjukkan keyakinan kuat dalam kemampuannya, sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert cenderung kurang dapat memenuhi 4 indikator self confidence, terutama dalam kemampuan menuliskan penyelesaian dan kesimpulan. Hal ini menunjukkan bahwa self confidence siswa dengan tipe kepribadian extrovert lebih tinggi daripada siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan permasalahan Persamaan Kuadrat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tipe kepribadian dapat mempengaruhi self confidence siswa terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan persamaan kuadrat.