Persepsi Masyarakat mengenai Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Jatirenggo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi masyarakat mengenai inovasi pelayanan administrasi kependudukan di Desa Jatirenggo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan yang diberi nama Jalantol. Persepsi masyarakat mengandung tiga indikator yang meliputi kognitif (pengetahuan dan pemahaman), afektif (perasaan senang atau tidak senang) dan konatif (perilaku dan sikap). Penelitian ini mengambil 76 responden yang sudah pernah mengakses inovasi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbarch Alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tataran (1) kognitif, masyarakat cenderung tidak setuju. Pada tataran (2) afektif, masyarakat cenderung setuju. Pada tataran (3) Konatif, masyarakat cenderung tidak setuju.