• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di SDN Karangpring 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Galih Raka Mukti Jurnal Baru.pdf (1.304Mb)
    Date
    2024-05-16
    Author
    MUKTI, Galih Raka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi adanya kekurangan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga perlu usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita di SDN Karangpring 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebagai langkah tindakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran serta melihat pengaruh terhadap hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Karangpring 03 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengumpulan data berupa observasi, tes, dan wawancara. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament lebih efektif bila dibandingkan menggunakan model sebelumnya. Serta respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe Team Games Tournament termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat memberikan kenaikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dengan ini dapat membantu dan menjadi alternatif model yang dapat dilakukan dalam mencapai hasil yang diharapkan dalam kelas. Siswa yang awalnya kurang berminat dalam pembelajaran dengan membuat gaduh di kelas akhirnya dapat berkurang. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament sangat efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121161
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15468]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository