Show simple item record

dc.contributor.authorEvin Novidasari
dc.date.accessioned2013-12-24T03:34:54Z
dc.date.available2013-12-24T03:34:54Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210102020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12114
dc.description.abstractSalah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran dimana dalam pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan model pembelajaran yang hanya berupaya unuk menghabiskan materi pembelajaran semata sehingga kurang memberi makna bagi peserta didik. Pembelajaran yang kurang bermakna ini menyebabkan hasil belajar fisika masih kurang jika dibandingkan dengan mata pelajaran sains lainnya. Oleh karena itu agar aktivitas pembelajaran mampu memberikan makna bagi peserta didik yang belajar, guru perlu mengembangkan model dan media pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran aktif dan bermakna dimana siswa belajar mencari dengan berorientasi pada lingkungannya. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran generatif (generative learning) dan media pictorial riddle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle dengan model pembelajaran konvensional, (2) aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MAN 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan Randomized Post-Test Only Control Group Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisa data menggunakan Z-test pada software SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan menggunakan persentase aktivitas untuk mengkaji aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian Z-test dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,3 dan kelas kontrol sebesar 71,1. Perbedaan ini disebabkan karena pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle yang membuat pembelajaran menjadi aktif dan bermakna, siswa lebih memahami konsep fisika yang diperoleh serta dapat menjelaskan contoh-contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep tersebut. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas yang dinilai yaitu menganalisis pictorial riddle pada pelaksanaan pembelajaran I tergolong aktif yaitu sebesar 78,1% sedangkan pada pembelajaran II tergolong sangat aktif yaitu sebesar 83,2%, sedangkan untuk rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I dan II adalah sebesar 80,6 % dan dapat dikategorikan sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA, (2) aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) disertai media pictorial riddle termasuk dalam kategori sangat aktif .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102020;
dc.subjectGenerative Learningen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) disertai Media Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record