Show simple item record

dc.contributor.authorNiken Rina Dwi Susanti
dc.date.accessioned2013-12-24T03:34:40Z
dc.date.available2013-12-24T03:34:40Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12113
dc.description.abstractProses penelitian diawali dengan dilaksanakan pembelajaran reciprocal yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi mean, median, modus dan jangkauan dan siklus 2 pada materi diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan fase menyampaikan tujuan dan ix memotivasi siswa, mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, langkah-langkah dalam pembelajaran reciprocal, dan memberikan penghargaan. Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu pada pembentukan kelompok, siswa kurang menerima pembagian kelompok yang telah ditetapkan oleh guru. Siswa mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan keberadaan LKS yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dan diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran ratarata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 78,84%, dan siklus 2 mencapai 87,11%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan statistika, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema dan kesalahan teknik. Pada siklus 1dan 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 51,32 % dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe reciprocal efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191051;
dc.subjectMatematika, Reciprocal, Statistikaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DALAM MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IX SMP N 1 PAKUSARI POKOK BAHASAN STATISTIKA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record