• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL DALAM MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IX SMP N 1 PAKUSARI POKOK BAHASAN STATISTIKA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Niken Rina Dwi Susanti_1.pdf (85.32Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Niken Rina Dwi Susanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penelitian diawali dengan dilaksanakan pembelajaran reciprocal yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi mean, median, modus dan jangkauan dan siklus 2 pada materi diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan fase menyampaikan tujuan dan ix memotivasi siswa, mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, langkah-langkah dalam pembelajaran reciprocal, dan memberikan penghargaan. Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal dalam Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Pakusari Pokok Bahasan Statistika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu pada pembentukan kelompok, siswa kurang menerima pembagian kelompok yang telah ditetapkan oleh guru. Siswa mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan keberadaan LKS yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dan diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran ratarata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 78,84%, dan siklus 2 mencapai 87,11%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan statistika, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema dan kesalahan teknik. Pada siklus 1dan 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 51,32 % dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe reciprocal efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12113
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository