Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Pada Jasa Grabfood
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap minat pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variable intervening pada jasa GrabFood pasca Covid- 19. Rencangan penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen GrabFood di Jawa Timur dengan sampel 200 orang yang telah bertransaksi di Grabfood dalam 2 bulan terakhir. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung di melalui kuesioner serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka melalui jurnal, dokumentasi, buku dan lainnya. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 2) Promosi penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, 3) Kualitas layanan tidak memiliki pengaruh positif dan juga tidak signifikan terhadap minat pembelian ulang, 4) Promosi penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 5) Kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang.