Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Aljabar SMP Berbantuan Doratoon
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan produk berupa video animasi
pembelajaran aljabar berbantuan Doratoon yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian dilaksanakan di MTs Kaliwining dengan subjek uji coba peserta didik
kelas 7. Penelitian ini merupakan penelitan dan pengembangan dengan model 4D
yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap
pengembangan, dan tahap penyebaran. Validasi media dan instrumen penelitian
dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi menggunakan angket dan
skala likert. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas media pembelajaran oleh
tiga validator memperoleh persentase kevalidan sebesar 92% termasuk kategori
sangat tinggi artinya media dikatakan sangat valid dari segi format, isi, dan bahasa.
Uji praktis memperoleh persentase 81% termasuk kategori baik artinya media
dikatakan praktis dan dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran.
Uji efektifitas mendapat persentase ketuntasan sebesar 81,8% termasuk kategori
baik dan skor N - Gain yang didapat adalah 0,61 termasuk kategori sedang artinya
media dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran.