Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Holland
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman ditinjau dari tipe kepribadian Holland, yang meliputi kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan pada kelas VIII H di SMPN 1 Jember. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket tipe kepribadian Holland, soal tes, dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan Siswa dengan tipe kepribadian realistic melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal yaitu kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe kepribadian investigative melakukan kesalahan pada saat tahapan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe kepribadian artistic melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe kepribadian social melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses, transformasi, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan tipe kepribadian enterprising melakukan kesalahan pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa tipe kepribadian conventional melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.