• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Modul Berbasis STEM-SDGs untuk Mengajarkan Keterampilan Scientific Communication Siswa pada Materi Pemanasan Global Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Amar Repository.pdf (1.750Mb)
    Date
    2024-03-22
    Author
    BAWANI, Amar Ma'ruf Al
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi panel. Penelitian dilakukan melalui dua kajian analisis, yaitu analisis teoritis dan analisis empiris. Analisis teoritis dilakukan mulai dari persiapan hingga analisis buku ajar fisika pada bab pemanasan global, selanjutnya analisis empiris dilakukan mulai dari pembuatan modul hingga validasi kesesuaian modul terhadap indikator scientific communication dan muatan STEM-SDGs. Hasil analisis teoritis terhadap indikator scientific communication menunjukkan bahwa ketiga buku ajar fisika kelas X memenuhi indikator keterampilan scientific communication, namun persentase kemunculan menujukkan hasil yang rendah. Pada buku A rata-rata persentase kemunculan indikator scientific communication hanya 42%, pada buku B sebesar 25%, dan pada buku C sebesar 34,05%. Berdasarkan persentase tersebut, buku A yang digunakan di sekolah menempati posisi tertinggi daripada buku B dan C, namun skor tersebut termasuk kategori rendah untuk menunjang keterampilan scientific communication. Selanjutnya, hasil analisis teoritis terhadap muatan STEM-SDGs menunjukkan bahwa pada buku A rata-rata persentase kemunculan muatan STEM-SDGs sebesar 11,92%, pada buku B sebesar 12,8%, dan pada buku C sebesar 9,4%. Diantara ketiga buku, buku A dan C belum memenuhi muatan STEM-SDGs karena pada buku A muatan technology dan engineering tidak muncul dan pada buku C muatan mathematics tidak muncul. Berdasarkan hasil tersebut, buku B memiliki lebih banyak muatan STEM-SDGs daripada buku A yang digunakan di sekolah. Terakhir adalah melakukan analisis empiris terhadap indikator keterampilan scientific communication menunjukkan persentase sebesar 72% dan muatan STEM-SDGs sebesar 29,68%. Hasil validasi kesesuaian oleh tiga validator terdiri dari dua dosen fisika dan satu guru fisika mencapai 90% (sangat sesuai). Dengan demikian, modul STEM-SDGs sangat sesuai untuk mengajarkan keterampilan scientific communication siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121105
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository