• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Jnstagram terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Khoirur Rosyid 200210303072.pdf (1.029Mb)
    Date
    2024-04-30
    Author
    ROSYID, Khoirur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengajaran menggunakan metode konvensional terbukti belum mencapai hasil optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di kelas, dan salah satu solusinya adalah menerapkan pengunaan media pembelajaran aplikasi instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran aplikasi instagram terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa SMA dalam mata pelajaran geografi. Penerapan media pembelajaran aplikasi instagram mendorong siswa untuk eksplorasi dan menemukan pemahaman mereka sendiri, tetapi tetap dengan bimbingan dari guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis menggunakan Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Signifikansi sebesar ,028. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test hasil belajar pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai Signifikansi sebesar ,019 berdasarkan perhitungan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas eksperimen, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai Independent Sample T-Test yang kurang dari 0,05.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121026
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository