Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Jnstagram terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Pengajaran menggunakan metode konvensional terbukti belum mencapai
hasil optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian
belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih
efektif di kelas, dan salah satu solusinya adalah menerapkan pengunaan media
pembelajaran aplikasi instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji
pengaruh media pembelajaran aplikasi instagram terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa dan hasil belajar siswa SMA dalam mata pelajaran geografi.
Penerapan media pembelajaran aplikasi instagram mendorong siswa untuk
eksplorasi dan menemukan pemahaman mereka sendiri, tetapi tetap dengan
bimbingan dari guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen
dengan desain post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis menggunakan
Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Signifikansi sebesar ,028.
Selanjutnya, nilai rata-rata post-test hasil belajar pada kelas eksperimen juga lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai Signifikansi sebesar ,019
berdasarkan perhitungan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil ini, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi instagram memiliki
pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada
kelas eksperimen, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai Independent Sample T-Test
yang kurang dari 0,05.