Brand Trust Sebagai Pemediasi Uniqueness dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Susu Racik MakTam di Kediri
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran brand trust
sebagai pemediasi pengaruh uniqueness dan e-WOM terhadap keputusan pembelian
susu racik Mak Tam di Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 100 orang yang merupakan konsumen yang pernah berkunjung pada
outlet susu racik Mak Tam di Kediri dan telah melakukan pembelian susu racik Mak
Tam di Kediri. Teknik penyebaran kuisioner secara offline dengan penyebaran
kertas angket dan online melalui google forms dilakukan dengan menggunakan
media sosial (Whatsapp, Instagram, Telegram). Metode sampel yang digunakan
adalah non-probability sampling dengan purposive sampling melalui aplikasi SPSS
versi 26. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif dan tidak
signifikan dari uniqueness terhadap brand trust pada susu racik Mak Tam. Terdapat
pengaruh positif dan signifikan dari e-WOM terhadap brand trust pada susu racik
Mak Tam. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan dari uniqueness terhadap
keputusan pembelian pada susu racik Mak Tam. Terdapat pengaruh positif dan
signifikan dari e-WOM terhadap keputusan pembelian pada susu racik Mak Tam.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari brand trust terhadap keputusan
pembelian pada susu racik Mak Tam. Brand trust tidak mampu memperkuat
pengaruh uniqueness terhadap keputusan pembelian pada susu racik Mak Tam.
Brand trust mampu memperkuat pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian
pada susu racik Mak Tam