• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dalam Memediasi Self-Efficacy, Locus of Control, dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Bri Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ravida mawadatur rohmah.pdf (1.054Mb)
    Date
    2024-01-19
    Author
    ROHMAH, Ravida Mawadatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan dunia Perbankan di Indonesia mengalami tumbuh kembang dengan sangat pesat. Perbankan memiliki peranan penting dalam perekonomian dan pembangunan di Indonesia (Chairina et al., 2019). Salah satunya PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu bank BUMN di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan perbankan bagi nasabah individu, bisnis kecil dan menengah, serta korporat. Jenis kredit yang ditawarkan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja, Kredit Tanpa Agunan, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Berdasarkan data kinerja BRI Jember tahun 2022 menunjukkan bahwa tidak tercapainya 100% target yang telah ditetapkan. Agar dapat menghadapi perubahan dan memenangkan persaingan bisnis, pegawai BRI Jember dituntut untuk dapat memenuhi target penyaluran kredit yang diberikan pihak manajemen. salah satu sebabnya dikarenakan menurunnya kinerja karyawan dilihat pada aspek kualitas, kuantitas, waktu kerja dan kerja sama untuk mencapai target yang telah ditetapkan (Sutrisno, 2019:123). Locus of control yakni keyakinan tentang apakah hasil dari tindakan kita bergantung pada apa yang kita lakukan atau pada peristiwa di luar kendali pribadi kita (Sabrina, 2021). Permasalahan locus of control yaitu penurunan kinerja karyawan akibat terjadinya miskomunikasi antar pegawai BRI Jember yang cenderung pasif terhadap permasalahan mengenai pekerjaan yang dilakukan sehingga memilih menunggu arahan dari rekannya ataupun atasan. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya inisiatif yang dimiliki oleh karyawan sehingga tidak mampu memecahkan masalah secara mandiri serta lambat dalam pengambilan keputusan misalnya terkait dengan penilaian calon debitur yang kurang tepat sehingga menyebabkan permasalahan dikemudian hari. Permasalahan terkait self-efficacy yakni terdapat karyawan keuangan yang memiliki potensi pada bidang pemasaran namun ia tetap ingin bekerja di bidang keuangan. Karyawan terkadang merasa kurang percaya diri saat menerima pekerjaan yang baru dilakukan. Hal ini berdampak negatif terhadap mindset yang karyawan miliki. Karyawan cenderung lebih nyaman dengan fase pekerjaan yang monoton sehingga softskill yang dimiliki terbatas. Penguasaan softskill yang dimiliki karyawan dapat digunakan sebagai modal dalam melakukan pekerjaan baru yang lebih menantang. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan adanya permasalahan terkait OCB karyawan BRI Jember diketahui bahwa ada beberapa karyawan yang acuh dengan sesama rekan kerja sehingga ia menuntut karyawan lain untuk segera menyelesaikan tugasnya demi kepentingannya sendiri. Perilaku karyawan yang menjadi tuntutan perusahaan tidak hanya perilaku in-role tetapi juga extra-role di dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Explanatory Research. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan marketing BRI Jember dengan status karyawanan tetap dan bekerja lebih dari satu tahun dikarenakan karyawan yang memiliki pengalaman akan lebih konsisten dalam bekerja yang berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Self-Efficacy, Locus of Control, Burnout berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan BRI Jember, 2) Self-Efficacy, Locus of Control, Burnout, Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan BRI Jember, 3) Organizational Citizenship Behavior (OCB) memediasi pengaruh Self-Efficacy, Locus of Control, Burnout terhadap Kinerja Karyawan BRI Jember. Penelitian ini memberikan gambaran tentang adanya pengaruh variabel selain Self Efficacy, Locus of Control, Burnout, Organizational Citizenship Behaviour (OCB) terhadap Kinerja Karyawan misalnya Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Beban Kerja, dll.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121014
    Collections
    • MT-Management [548]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository