Pengaruh Tourism Event Banyuwangi Festival City Branding, dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis
pengaruh tourism event, city branding, dan city image terhadap keputusan
berkunjung wisatawan. Tourism event, city branding, dan city image diukur
dengan indikator masing-masing dengan total indikator pada penelitian ini
berjumlah 29 indikator. Popullasi yang digulnakan dalam pelnellitian ini yaitul masyarakat yang tellah belrkulnjulng di Banyulwangi Felstival. Telknik
sampling yang adalah teknik pulrposivel sampling, dengan jumlah sampel
yang digunakan adalah 150 sampel. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu melalui penyebaran kuisioner dengan metode survei
online. Penyebaran kuesioner menggunakan Google form dimana aplikasi
ini berguna untuk menyebarkan link kuesioner secara luas melalui
WhatsApp yang dibagikan kepada responden. Metode pengujian data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi
klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan software
SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tourism event, city
brading dan city image berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan berkunjung wisatawan.