Show simple item record

dc.contributor.authorNeni Restiana
dc.date.accessioned2013-12-24T03:26:56Z
dc.date.available2013-12-24T03:26:56Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12092
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Model skema yang digunakan adalah model skema Hopkins. Berdasarkan model skema Hopkins dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 21 November - 1 Desember 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC di SMP Negeri 5 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif pada aktivitas guru, siswa dan ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar 77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar 94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada pembelajaran II sebesar 93.51%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79% sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191024;
dc.subjectCIRC, Aritmatika Sosialen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIC SMPN 5 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record