• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIC SMPN 5 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Neni Restiana_1.pdf (344.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Neni Restiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Model skema yang digunakan adalah model skema Hopkins. Berdasarkan model skema Hopkins dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 21 November - 1 Desember 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC di SMP Negeri 5 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif pada aktivitas guru, siswa dan ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar 77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar 94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada pembelajaran II sebesar 93.51%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79% sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12092
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository