PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIC SMPN 5 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif. Model skema yang digunakan adalah model skema Hopkins. Berdasarkan
model skema Hopkins dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja
dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan tanggal 21 November - 1 Desember 2012. Subyek penelitian adalah
siswa kelas VIIC di SMP Negeri 5 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan
dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif pada aktivitas guru, siswa dan
ketuntasan hasil belajar.
Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui
bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar
77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru
mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar
94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I
sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran
I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa
secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II
sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada
pembelajaran II sebesar 93.51%.
Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79%
sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena
ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah
memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan
siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial.