• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Komunitas Lari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Miftakhur Rohmah-190910202002.pdf (1.229Mb)
    Date
    2023-06-26
    Author
    ROHMAH, Miftakhur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya secara maksimal, termasuk mempengaruhi konsumen melalui produknya. Memahami perilaku konsumen sangat penting bagi berbagai industri, termasuk industri olahraga, karena semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya berolahraga secara teratur. Hal ini terlihat dari jumlah pusat olahraga yang semakin bertambah, seperti gym, lapangan futsal, lapangan sepak bola, lapangan basket, jogging track, yang terdapat di perumahan, taman kota, kampus, dan banyak tempat lainnya. Banyaknya peminat akan sepatu olah raga, mendorong perusahaan-perusahaan bersaing menciptakan produk sepatu olah raga. Akan tetapi, kebanyakan yang terlihat sekarang ini konsumen memilih produk sepatu olahraga dengan memperhatikan citra merek dan kualitas terbaiknya. Konsumen cenderung menjadikan citra merek suatu produk sebagai acuan sebelum melakukan pembelian suatu produk. Citra merek mempunyai kontribusi atau pengaruh sumbangan yang cukup dominan dalam hal keputusan pembelian seseorang terhadap produk suatu barang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model pendekatan korelasional. Sampel penelitian yaitu diambil sebesar 75 responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan kuesioner secara online melalui Google Form kepada anggota komunitas lari di Kabupaten Jember. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Hasil pengujian, diketahui nilai thitung dari variabel citra merek sebesar 10,716 dengan signifikansi 0,000. Adapun nilai t tabel dalam penelitian ini dihitung dengan df = 75-2 adalah sebesar 1,99300 dengan signifikansi 0,05. Dilihat dari nilai t hitung 10,716 > t tabel 1,99300 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka keputusan H1 diterima, artinya variabel citra merek mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa responden yakin dalam membuat keputusan pembelian terhadap sepatu merek Nike, dikarenakan adanya citra merek pada produk sepatu tersebut yang berarti bahwa produk ini memiliki citra merek yang baik dan memiliki nilai prestise yang baik dan membuat konsumen yakin untuk membeli produk ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120911
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository