Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Komunitas Lari Kabupaten Jember
Abstract
Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan perlu
memanfaatkan sumber dayanya secara maksimal, termasuk mempengaruhi
konsumen melalui produknya. Memahami perilaku konsumen sangat penting bagi
berbagai industri, termasuk industri olahraga, karena semakin meningkatnya
kesadaran akan pentingnya berolahraga secara teratur. Hal ini terlihat dari jumlah
pusat olahraga yang semakin bertambah, seperti gym, lapangan futsal, lapangan
sepak bola, lapangan basket, jogging track, yang terdapat di perumahan, taman
kota, kampus, dan banyak tempat lainnya. Banyaknya peminat akan sepatu olah
raga, mendorong perusahaan-perusahaan bersaing menciptakan produk sepatu olah
raga. Akan tetapi, kebanyakan yang terlihat sekarang ini konsumen memilih produk
sepatu olahraga dengan memperhatikan citra merek dan kualitas terbaiknya.
Konsumen cenderung menjadikan citra merek suatu produk sebagai acuan sebelum
melakukan pembelian suatu produk. Citra merek mempunyai kontribusi atau
pengaruh sumbangan yang cukup dominan dalam hal keputusan pembelian
seseorang terhadap produk suatu barang.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model pendekatan
korelasional. Sampel penelitian yaitu diambil sebesar 75 responden. Data penelitian
diperoleh dengan cara memberikan kuesioner secara online melalui Google Form
kepada anggota komunitas lari di Kabupaten Jember. Teknik analisis data
dilakukan dengan teknik deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis.
Hasil pengujian, diketahui nilai thitung dari variabel citra merek sebesar
10,716 dengan signifikansi 0,000. Adapun nilai t tabel dalam penelitian ini dihitung
dengan df = 75-2 adalah sebesar 1,99300 dengan signifikansi 0,05. Dilihat dari nilai
t hitung 10,716 > t tabel 1,99300 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka keputusan
H1 diterima, artinya variabel citra merek mempengaruhi keputusan pembelian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel citra merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa
responden yakin dalam membuat keputusan pembelian terhadap sepatu merek Nike,
dikarenakan adanya citra merek pada produk sepatu tersebut yang berarti bahwa
produk ini memiliki citra merek yang baik dan memiliki nilai prestise yang baik
dan membuat konsumen yakin untuk membeli produk ini.