• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Campur Kode pada Siniar "INSNI Project" dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Berita Di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY UNEJ.pdf (855.4Kb)
    Date
    2023-06-14
    Author
    ROHMAH, Ainur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mendeskripsikan tentang campur kode dan faktor penyebabnya yang terdapat pada siniar INSNI Project. Rancangan dan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini merupakan data lisan dari dialog yang terdapat pada siniar INSNI Project berupa kata, frasa, baster, dan klausa. Teknik pengumpulan data yakni teknik transkripsi data, wawancara, dan SBLC. Teknik analisis data adalah teknik analisis kualitatif dilakukan dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting yang akan dipelajari, dan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk campur kode ditemukan: a) campur kode bentuk kata (kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang seluruh, kata ulang sebagian, dan kata ulang dengan pembubuhan afiks), b) campur kode bentuk frasa, c) campur kode bentuk baster, d) campur kode bentuk klausa. (2) faktor penyebab terjadinya campur kode ditemukan: a) penggunaan kata populer, b) faktor personal, c) mitra bicara. (3) pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi dalam pembelajaran: Data dalam penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran untuk menganalisis adanya campur kode yang terdapat di dalam berita kemudian menyajikan teks berita secara tulis maupun lisan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120845
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository