• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Jember Lor 01

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.276Mb)
    Date
    2023-11-02
    Author
    LUFITASARI, Shela Septian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu model pembelajaran yang kegiatannya berfokus pada penyelesaian masalah oleh siswa. Metode eksperimen adalah metode pembelajaran dengan melakukan percobaan untuk mengetahui kebenaran dari suatu materi. Oleh karena itu, melalui metode eksperimen siswa dapat melakukan percobaan, mengamati proses, dan menarik kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan sehingga dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Hasil observasi di SDN Jember Lor 01 menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan kurikulum 2013 sudah menggunakan model PBL, tetapi penerapan model PBL dengan metode eksperimen masih belum dilakukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi serta wawancara sebagai data pendukung untuk mengetahui permasalahan. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji t-test, dan uji keefektifan relatif. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,06 sehingga nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, maka data berdistribusi normal. Analisis data selanjutnya yaitu melakukan uji t-tes menggunakan rumus Independent Sample T-test diperoleh nilai t yaitu 8,4541, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Nilai t-tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 54 adalah 2,0048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung t-tabel yaitu 8,4541 2,0048, setelah memperoleh nilai dari uji-t dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif untuk mengetahui seberapa besar keefektifan yang dicapai suatu kelompok dengan kelompok lainnya dan diperoleh hasil 80%. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, dapat disimpulkan bahwa t-hitung ttabel dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05 hal ini berarti hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120818
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository