• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall Dengan Model Cooperative Learning (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMAN Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi (743.3Kb)
    Date
    2023-11-02
    Author
    SAFITRI, Dayinta Briliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti model, metode, media, dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelumnya, didapatkan bahwa guru masih menerapkan model diskusi kelompok yang menyebabkan hasil belajar kognitif siswa kelas X cenderung rendah. Upaya yang mungkin dapat membangun kegiatan belajar yang menarik serta hasil belajar yang merata yakni dengan merancang pembelajaran student centered dengan memanfaatkan model dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa. Beberapa model pembelajaran dapat diimplementasikan sebagai solusi atas permasalahan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya adalah game based learning (Kusmiyati dkk, 2021). Untuk mendukung penerapan model pembelajaran guru memerlukan media. Media tersebut diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran berbasis game yang menyenangkan dan bisa diterapkan secara optimal menurut Fanny (dalam Riadin, 2022) adalah wordwall game kuis. Wordwall termasuk kategori game edukasi yang didesain dengan kolaborasi warna dan gambar yang menarik sehingga dapat dijadikan pilihan untuk membangun suasana belajar yang aktif. Peneliti menerapkan jenis penelitian quasi experiment berpola nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan 2 model pembelajaran dan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran game based learning berbantuan media wordwall dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Pengambilan data penelitian diambil dari observasi, tes, dan wawancara. Peneliti menentukan subjek penelitian menggunakan cara purposive sampling yang didapat dari nilai rata-rata kelas yang kemudian diuji homogenitasnya. Subjek penelitian yaitu kelas X-1 dan X-3 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pretest siswa pada kelas eksperimen yakni sebesar 71,61 dan hasil posttest mencapai 80,38. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil pretest siswa yakni 71,16, dan hasil posttest yakni 73,83. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal lain yang menjadi tolak ukur terdapat pada jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal posttest. Pada kelas eksperimen, sebanyak 32 (89%) siswa tuntas, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa yang tuntas yakni 18 (50%) siswa. Berdasarkan hasil uji prasyarat yang dilakukan, maka dilakukan uji hipotesis melalui uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau dinyatakan bahwa ditemukan adanya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model game based learning dengan menggunakan model cooperative learning.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120814
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository