Updated D&M Information Systems Success Model Aplikasi BRIMO (Studi Kasus pada Mahasiswa Magang MBKM MSIB)
Abstract
Aplikasi BRImo merupakan layanan mobile banking yang dimiliki Bank
BRI dengan memanfaatkan teknologi multichannel delivery yang mendukung
perbankan digital. Aplikasi ini hadir untuk memfasilitasi peningkatkan fleksibilitas
nasabah dalam melakukan transaksi ataupun mengakses rekening. Fitur yang
tersedia lengkap dari seluruh channel di Automatic Teller Machine (ATM), Internet
Banking dan SMS Banking untuk melayani pengguna dalam bertransaksi di BRI.
Analisis tingkat kesuksesan aplikasi penting untuk mengukur pemanfaatan aplikasi
sesuai dengan capaian tujuan.
Penelitian menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif deskriptif
dengan objek Aplikasi BRImo. Implementasi teori D&M Information Systems
Success Model untuk menilai kesuksesan aplikasi dengan subjek mahasiswa
magang MBKM MSIB. Pengambilan sampel penelitian secara probabilistic
sampling menggunakan simple random sampling, sehingga memberi keseluruhan
anggota sampel memiliki peluang yang sama untuk terambil. Upaya memperoleh
data dengan menyebarkan kuesioner online dengan bantuan google form. Sejumlah
224 jawaban terkumpul, kemudian secara acak diambil 220 jawaban sebagai
sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini memanfaatkan Analysis of
Moment Structures (AMOS).
Kesuksesan sistem dianalisa menggunakan D&M Information Systems
Success Model yang mengukur multivariat: system quality (kualitas sistem),
information quality (kualitas informasi) dan service quality (kualitas layanan),
dimana ketiga variabel kualitas tersebut memengaruhi intent to use/use (niat untuk
menggunakan/menggunakan) dan user satisfaction (kepuasan pengguna),
selanjutnya user satisfaction serta intent to use/use berkorelasi dengan net benefit
atau kebermanfaatan bersih. Berdasarkan hasil, tidak terdapat pengaruh positif
system quality dari BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB,
terdapat pengaruh positif system quality dari BRImo dengan user satisfaction
mahasiswa magang MBKM MSIB, tidak terdapat pengaruh positif information
quality dari BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, tidak
terdapat pengaruh positif information quality dari BRImo dengan user satisfaction
mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif service quality dari
BRImo dengan transact mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh
positif service quality dari BRImo dengan user satisfaction mahasiswa magang
MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif user satisfaction dengan transact
mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif transact dengan user
satisfaction mahasiswa magang MBKM MSIB, terdapat pengaruh positif transact
mahasiswa magang MBKM MSIB dengan net benefit, terdapat pengaruh positif
user satisfaction dengan net benefit. Hal ini menunjukkan bahwa BRImo belum
sepenuhnya sukses pada mahasiswa magang MBKM MSIB.