• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REVINDA NANDA SARI 190210205058 UNEJ.pdf (4.669Mb)
    Date
    2023-06-06
    Author
    SARI, Tingkat Agresivitas Siswa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perilaku agresif pada anak dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan sosialisasi anak dan dapat berdampak pada akademis anak di sekolah. Dari hasil observasi awal yang telah dilakukan di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi ditemukan permasalahan perilaku agresif. Dari 13 siswa di kelas 2, 10 anak terlihat berperilaku agresif fisik seperti memukul, menendang, mencubit, dan mendorong teman. Sedangkan 3 siswa lainnya lebih terlihat perilaku agresif bentuk verbal seperti, menghina, mencaci maki, berkata kotor, berteriak dengan keras, dan mengancam pada saat di kelas. Token ekonomi diujicobakan untuk mengurangi perilaku agresif anak. Rumusan masalah yang terdapat dalamَ penelitianَ iniَ adalah,َ “Adakah pengaruh teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?” Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh treatment teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental dan menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi penelitian yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang atauَ Spearman’sَ rhoَ danَ Cronbach’sَ Alpha. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa negative ranks sebesar 7,00 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dari uji hipotesis menyatakan bahwa penerapan treatment token ekonomi berpengaruh terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan teknik token ekonomi dapat diterapkan untuk mengurangi agresifitas siswa dengan penerapan yang konsisten dan bekerja sama dengan wali kelas atau guru yang lain agar suasana kelas lebih kondusif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120790
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository