Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Perilaku agresif pada anak dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan
sosialisasi anak dan dapat berdampak pada akademis anak di sekolah. Dari hasil
observasi awal yang telah dilakukan di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin
Kabupaten Banyuwangi ditemukan permasalahan perilaku agresif. Dari 13 siswa di
kelas 2, 10 anak terlihat berperilaku agresif fisik seperti memukul, menendang,
mencubit, dan mendorong teman. Sedangkan 3 siswa lainnya lebih terlihat perilaku
agresif bentuk verbal seperti, menghina, mencaci maki, berkata kotor, berteriak
dengan keras, dan mengancam pada saat di kelas. Token ekonomi diujicobakan
untuk mengurangi perilaku agresif anak.
Rumusan masalah yang terdapat dalamَ penelitianَ iniَ adalah,َ “Adakah
pengaruh teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD
Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran
2022/2023?” Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh treatment teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas
siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi
Tahun Ajaran 2022/2023.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan
desain penelitian pra eksperimental dan menggunakan pola penelitian One Group
Pretest-Posttest Design. Lokasi penelitian yang digunakan sebagai tempat penelitian
yaitu di kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi
Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa. Metode pengambilan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian
ini menggunakan rumus tata jenjang atauَ Spearman’sَ rhoَ danَ Cronbach’sَ Alpha. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan
aplikasi SPSS versi 25.0.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa
negative ranks sebesar 7,00 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dapat diketahui
bahwa nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa
Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dari uji hipotesis menyatakan bahwa
penerapan treatment token ekonomi berpengaruh terhadap tingkat agresivitas siswa
kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing.
Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan
menerapkan teknik token ekonomi dapat diterapkan untuk mengurangi agresifitas
siswa dengan penerapan yang konsisten dan bekerja sama dengan wali kelas atau
guru yang lain agar suasana kelas lebih kondusif.