• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REVINDA NANDA SARI 190210205058 UNEJ.pdf (4.669Mb)
    Date
    2023-06-06
    Author
    SARI, Revinda Nanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 13 siswa (6 laki-laki dan 7 perempuan). Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing dengan dibuktikan oleh adanya penuruan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test sebelum diberikan treatment tingkat agresivitas siswa masih tinggi. Hal tersebut dibuktikan oleh 77% (10 anak) dari jumlah siswa menunjukkan perilaku agresif fisik dan verbal. Namun, setelah diberikan treatment berupa teknik token ekonomi tingkat agresivitas siswa mengalami penurunan sehingga siswa tidak lagi menunjukkan perilaku agresif. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya penelitian teknik token ekonomi berpengaruh dalam menurunkan perilaku agresif pada siswa. Dari hasil penelitian di SD Negeri 4 Kluncing maka saran yang dapat disampaikan pada guru kelas 2 yaitu guru dapat menerapkan teknik token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa. Pemberian token atau reward dibutuhkan untuk menumbuhkan motivasi dari dalam diri anak guna mengurangi perilaku agresif siswa Sekolah Dasar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120789
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository