Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing, dan sampel dalam penelitian ini yaitu 13 siswa (6 laki-laki dan 7 perempuan). Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing dengan dibuktikan oleh adanya penuruan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test sebelum diberikan treatment tingkat agresivitas siswa masih tinggi. Hal tersebut dibuktikan oleh 77% (10 anak) dari jumlah siswa menunjukkan perilaku agresif fisik dan verbal. Namun, setelah diberikan treatment berupa teknik token ekonomi tingkat agresivitas siswa mengalami penurunan sehingga siswa tidak lagi menunjukkan perilaku agresif. Hal tersebut menunjukkan bahwasanya penelitian teknik token ekonomi berpengaruh dalam menurunkan perilaku agresif pada siswa. Dari hasil penelitian di SD Negeri 4 Kluncing maka saran yang dapat disampaikan pada guru kelas 2 yaitu guru dapat menerapkan teknik token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa. Pemberian token atau reward dibutuhkan untuk menumbuhkan motivasi dari dalam diri anak guna mengurangi perilaku agresif siswa Sekolah Dasar.